Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus Di Rumah Dalam Keseharian

Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus Sehari-Hari di Rumah Untuk Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat Dalam Akvititas Keseharian

Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus Di Rumah Dalam KeseharianAnggota keluarga penderita diabetes melitus wajib tahu cara mengatasi penyakit diabetes melitus ini, karena pada penderita diabetes mellitus perlu sekali dibantu oleh anggota keluarga di rumah. Selain itu para penderita diabetes akan lebih banyak melakukan perawatan di rumah daripada di rumah sakit, rumah sakit biasanya hanyalah tempat jika penderita diabetes mengalami kondisi yang sedang kritis,  setelah krisis dilewati maka penderita diabetes akan dipulangkan oleh dokter dan diwajibkan menjalani perawatan jalan di rumah.  Jika perawatan di rumah berjalan dengan baik maka seharusnya pasien diabetes tidak akan mengalami kondisi kritis sehingga harus dibawah di rumah sakit. Kunci keberhasilan mengatasi penyakit diabetes melitus sebenarnya adalah perawatan yang dilakukan di rumah. Perawatan seperti apakah itu? Mari kita pelajari bersama-sama.

Hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah asal usul komplikasi diabetes, komplikasi ini terjadi karena penderita diabetes tidak tahu mengatasi penyakit diabetes melitus seperti menjaga makan nya dengan baik, sebenarnya jika makannya selalu dijaga penderita diabetes akan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih stabil  dan tidak akan mengalami krisis kesehatan sehingga harus dibawa ke rumah sakit. Ada dua macam makanan dan minuman yang harus selalu dihindari oleh penderita diabetes, yang pertama adalah makanan karbohidrat dan yang kedua adalah semua minuman manis termasuk gula jagung yang sering dikatakan sehat dan bagus untuk dikonsumsi. Batas maksimum penderita diabetes dalam mengkonsumsi karbohidrat adalah 300 gram per hari dan batas maksimum penderita diabetes dalam mengkonsumsi gula adalah tiga sendok teh per hari, jika lebih dari itu maka tidak bagus untuk penderita diabetes. Bagi anggota keluarga di rumah sangat bagus mengetahui hal ini sehingga dapat selalu mengingatkan penderita diabetes di rumah untuk selalu menjaga hal ini agar tidak terjadi komplikasi diabetes.

dalam mengatasi penyakit diabetes yang benarSebagai gaya hidup penderita diabetes dalam keseharian perlu menyadari bahwa dalam mengatasi penyakit diabetes melitus yang benar, pola makannya harus diubah menjadi lebih sehat, terkadang banyak sekali yang salah paham mengenai hal ini, maksud dari diubah adalah mengubah cara makannya tanpa mengurangi porsi makannya, dengan kata lain penderita diabetes akan makan dengan porsi yang sama namun hanya berbeda pada jenis makanannya saja. Cara yang paling mudah untuk dimengerti adalah para penderita diabetes makannya terbalik dengan orang biasa. Jika orang biasa suka makan nasi dengan lauk, maka penderita diabetes adalah makan lauk dengan nasi.

Mengatasi penyakit diabetes melitus dalam perihal makan sebenarnya sangat sederhana dan sangat mudah, malah bahkan membuat hidup penderita diabetes lebih nikmat daripada orang biasa. Sering kali setiap saya menjelaskan hal ini justru orang biasa pun lebih memilih cara makan penderita diabetes. Aneh bukan? Hal ini dikarenakan sebenarnya makanan utama penderita diabetes adalah lauk pauk, sedangkan nasi hanyalah makanan sampingan. Para penderita diabetes boleh makan lauk sebanyak-banyaknya dan nasi hanyalah pengikut atau bahkan tidak perlu dikonsumsi.

Perhatikan mengenai lauk pauk disini, pastikan lauk pauk yang disajikan tidak mengandung karbohidrat seperti tepung, gandum dan sagu, karena jika lauk pauk nya mengandung tepung, gandum atau sagu maka diet akan menjadi percuma karena ketiga bahan tersebut mengandung karbohidrat sederhana sama seperti nasi. Mengatasi penyakit diabetes melitus sebenarnya sangat mudah bukan? Hanya dengan mengganti pola makan seperti ini dapat menjaga kondisi kesehatan penderita diabetes stabil dan menghindari penderita diabetes terjadi komplikasi.

Langkah kedua dalam mengatasi penyakit diabetes melitusLangkah kedua dalam mengatasi penyakit diabetes melitus adalah para penderita diabetes harus minum air yang banyak, ukuran yang baik untuk menentukan berapa banyak jumlah yang harus diminum adalah dengan perhitungan sebagai berikut jumlah kilogram berat badan anda x 40 ml air putih, misalnya berapa anda adalah 50 kilogram maka dalam 1 hari seharusnya anda harus minum minimal 50 x 40ml air putih : 2 Liter air putih per hari. Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membantu penderita diabetes jaga kondisi tubuhnya agar tetap stabil dan sehat, minum air yang cukup dapat membantu meringkankan kerja organ ginjal membersihkan gula-gula kotor di dalam tubuh serta membantu tubuh untuk lebih cepat mengurai glukogen di dalam darah. Jika penderita diabetes melitus kurang minum air maka akan ada banyak sekali kerugian yang akan dialami penderita diabetes antara lain seperti gula darah tinggi yang sulit turun, kotoran di dalam tubuh akan semakin sulit terurai, dan beban kerja ginjal menjadi semakin berat jika kandungan air di dalam tubuh sangat sedikit.

Langkah ketiga dalam mengatasi penyakit diabetes mellitus

Langkah ketiga dalam mengatasi penyakit diabetes mellitus adalah mengimbangi tubuh dengan olahraga yang cukup, olahraga sangat bagus untuk menurunkan kadar gula yang berlebihan di dalam tubuh. Ada cara yang efektif dalam olahraga bagi penderita diabetes, cara ini sangat efekti
f sehingga penderita diabetes tidak perlu olahraga terlalu lama dan terlalu banyak dalam seminggu. Cara olahraga yang paling efektif bagi penderita diabetes adalah memperhatikan waktu olahraga atau timing,  waktu yang paling tepat bagi penderita diabetes untuk berolahraga adalah pada pagi hari sebelum sarapan. Saat tubuh berolahraga dan tidak ada makanan yang diolah di dalam perut maka tubuh akan secara otomatis mengambil tenaga dari sisa-sisa kelebihan gula dari makanan yang kemarin. Sebaliknya jika penderita diabetes olahraga setelah sarapan, maka tubuh akan otomatis mengambil tenaga dari makanan yang sedang diolah di dalam perut, hal lini tentu merugikan karena setelah olahraga, penderita diabetes akan kembali lapar dan akan makan jauh lebih banyak daripada biasanya. Jika ini terjadi maka usaha tersebut sia-sia. Sebenarnya hanya dengan olahraga ringan 15 menit setiap pagi sebelum sarapan saja sudah cukup untuk menjaga tubuh stabil dan sehat setiap hari. Pastinya dengan olahraga ringan setiap pagi sebelum sarapan dapat menjaga tubuh penderita diabetes jauh dari komplikasi diabetes.

tiga hal yang bisa diperhatikan untuk mengatasi penyakit diabetesKesimpulannya, ada tiga hal yang bisa diperhatikan untuk mengatasi penyakit diabetes melitus di rumah dalam hidup kesehariannya, yang pertama adalah menukar pola makan diabetes yang benar, yang kedua adalah minum air putih yang cukup setiap hari, dan yang ketiga adalah olahraga ringan setiap pagi sebelum sarapan. Sekarang penyakit diabetes di Indonesia sudah semakin tidak terkontrol lagi, tidak lain karena makanan modern yang kian hari semakin canggih dan penuh dengan kimia membuat tubuh sulit untuk 250memproses makanan-makanan tersebut di dalam tubuh. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat kimia dan gula kimia akan semakin mendorong pankreas untuk memproduksi hormon insulin berlebihan dan membuat pankreas menjadi rusak, kondisi inilah yang disebut penyakit diabetes melitus tipe 2, jangan sampai hal ini terjadi lagi sama anggota keluarga anda di rumah, jagalah mereka semua dari sekarang dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati, mengatasi penyakit diabetes melitus lebih baik dari sekarang sebelum terlambat, bagaimana menurut Anda?

 

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda